Kamis, 19 September 2013

Askep Otitis Media


BAB  I
PENDAHULUAN

1.1  Latar belakang
Otitis media adalah inflamasi pada bagian telinga tengah. Telinga tengah adalah organ yang memiliki penghalang yang biasanya dalam keadaan steril. Tetapi pada suatu keadaan jika terdapat infeksi bakteri pada nasofariong  dan faring, secara alamiah terdapat mekanisme pencegahan penjalaran bakteri memasuki telinga tengah oleh enzim pelindung dan bulu-bulu halus yang dimiliki oleh tuba eustachii.
Otitis media sebenarnya adalah diagnosa yang paling sering dijumpai pada anak – anak di bawah usia 15 tahun. Paling sering terjadi bila terdapat disfungsi tuba eustachii seperti obstruksi yang disebabkan oleh infeksi saluran pernafasan atas, inflamasi jaringan disekitarnya (eg : sinusitis, hipertrofi adenoid) atau reaksi alergik ( eg : rhinitis alergika) dan sering diawali dengan infeksi pada saluran napas seperti radang tenggorokan atau pilek yang menyebar ke telinga tengah lewat saluran Eustachius. Gejala yang sering ditimbulkan pada otitis media biasanya ialah rasa nyeri, pendengaran berkurang, demam, pusing, juga kadang disertai mendengar suara dengung (tinitus).
Sebagaimana halnya dengan kejadian infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), otitis media juga merupakan salah satu penyakit langganan anak. Di Amerika Serikat,  diperkirakan 75% anak mengalami setidaknya satu episode otitis media sebelum usia tiga tahun dan hampir setengah dari mereka mengalaminya tiga kali atau lebih. Di Inggris, setidaknya 25% anak mengalami minimal satu episode sebelum usia sepuluh tahun.4 Di negara tersebut otitis media paling sering terjadi pada usia 3-6 tahun.

1.2  Rumusan masalah
  1. Apa pengertian dari Otitis Media ?
  2. Apa saja etiologi dari Otitis Media?
  3. Apa manifestasi klinik dari Otitis Media?
  4. Bagaimana pemeriksaan penunjang dan Diagnostik ?
  5. Bagaimana penatalaksanaan Medis dan keperawatan dari  Otitis Media?
  6. Bagaimana komplikasi dari Otitis Media?
  7. Bagaimana pengkajian asuhan keperawatan dari Otitis Media?
1.3  Tujuan
1.3.1     Tujuan umum
                  Mahasiswa mampu menerangkan asuhan keperawatan pada pasien dengan “Otitis   Media”
1.3.2     Tujuan khusus
Mahasiswa mampu :
1.      Melakukan pengkajian pada pasien dengan otitis media
2.      Merumuskan diagnosa keperawatan (NANDA)
3.      Menetapkan indicator keberhasilan (NOC)
4.      Merumuskan intervensi keperawatan (NIC)












BAB II
TINJAUAN TEORITIS

A.    ANATOMI DAN FISIOLOGI ORGAN

Description: TELINGA

Telinga terdiri dari beberapa bagian
1.   Telinga bagian luar
a.    Aurikula (daun telinga).
Menampung gelombang suara datang dari luar masuk ke dalam telinga.
b.   Meatus akustikus eksterna (liang telinga)
Saluran penghubung aurikula dengan membran timpani (terdiri tulang rawan & keras, saluran ini mengandung rambut, kelenjar sebasea & kelenjar keringat, khususnya menghasilkan sekret-sekret berbentuk serum).
c.   Membran timpani
Selaput gendang telinga batas antara telinga luar & telinga tengah.



telinga-tengah
2.   Telinga tengah
a.       Kavum timpani
Rongga didalam tulang temporalis terdapat 3 buah tulang pendengaran (maleus, inkus dan stapes).
b.       Antrum timpani
Rongga tidak teratur terletak di bawah samping dari kavum timpani.
c.       Tuba auditiva eustaki
Saluran tulang rawan yang berjalan miring ke bawah agak kedepan.
Telinga tengah tersusun atas membran timpani (gendang telinga) di sebelah lateral dan kapsul otik di sebelah medial celah telinga tengah terletak di antara kedua Membrana timpani terletak pada akhiran kanalis aurius eksternus dan menandai batas lateral telinga, Membran ini sekitar 1 cm dan selaput tipis normalnya berwarna kelabu mutiara dan translulen.Telinga tengah merupakan rongga berisi udara merupakan rumah bagi osikuli (tulang telinga tengah) dihubungkan dengan tuba eustachii ke nasofaring berhubungan dengan beberapa sel berisi udara di bagian mastoid tulang temporal.
Telinga tengah mengandung tulang terkecil (osikuli) yaitu malleus, inkus stapes. Osikuli dipertahankan pada tempatnya oleh sendian, otot, dan ligamen, yang membantu hantaran suara. Ada dua jendela kecil (jendela oval dan dinding medial telinga tengah, yang memisahkan telinga tengah dengan telinga dalam. Bagian dataran kaki menjejak pada jendela oval, di mana suara dihantar telinga tengah. Jendela bulat memberikan jalan ke getaran suara. Jendela bulat ditutupi oleh membrana sangat tipis, dan dataran kaki stapes ditahan oleh yang agak tipis, atau struktur berbentuk cincin. anulus jendela bulat maupun jendela oval mudah mengalami robekan. Bila ini terjadi, cairan dari dalam dapat mengalami kebocoran ke telinga tengah kondisi ini dinamakan fistula perilimfe.
Tuba eustachii yang lebarnya sekitar 1mm panjangnya sekitar 35 mm, menghubngkan telingah ke nasofaring. Normalnya, tuba eustachii tertutup, namun dapat terbuka akibat kontraksi otot palatum ketika melakukan manuver Valsalva atau menguap atau menelan. Tuba berfungsi sebagai drainase untuk sekresi dan menyeimbangkan tekanan dalam telinga tengah dengan tekanan atmosfer.

3.    Telinga bagian dalam
a.    Labirin osseus
Serangkaian saluran bawah dikelilingi oleh cairan (perilimfe).
                                1)     Vestibulum.
                                2)     Koklea.
                                3)     Kanalis semi sirkuler.
b.    Labirintus membranosus
1)   Utrikulus.
2)   Sakulus.
3)   Duktus semi sirkularis.

B.     LANDASAN TEORITIS PENYAKIT
1.      Definisi
Otitis berarti peradangan dari telinga, dan media berarti tengah. Jadi otitis media berarti peradangan dari telinga tengah. Otitis media adalah peradangan sebagian atau seluruh mukosa telinga tengah, tuba eustachius, antrum mastoid dan sel-sel mastoid. Gangguan telinga yang paling sering adalah infeksi eksterna dan media. Sering terjadi pada anak-anak dan juga pada orang dewasa (Soepardi, 1998).
Ada 3 ( tiga ) jenis otitis media yang paling umum ditemukan di klinik, yaitu :
1.      Otitis media akut
Otitis media akut (OMA) adalah peradangan akut sebagian atau seluruh periosteum telinga tengah (Kapita selekta kedokteran, 1999).
2.      Otitis media serosa
Otitis media serosa / efusi adalah keadaan terdapatnya cairan di dalam telinga tengah tanpa adanya tanda dan gejala infeksi aktif. Secara teori, cairan ini sebagai akibat tekanan negative dalam telinga tengah yang disebabkan oleh obstruksi tuba eustachii.
3.      Otitis media kronik
Otitis Media Kronik adalah peradangan kronik yang mengenai mukosa dan struktur tulang di dalam kavum timpani.Otitis Media Kronik sendiri adalah kondisi yang berhubungan dengan patologi jaringan irreversible dan biasanya disebabkan oleh episode berulang Otitis Media Akut yang tak tertangani.

2.      Etiologi
Penyebabnya adalah bakteri-bakteri saluran pernafasan bagian atas dan bakteri piogenik seperti streptococcus haemolyticus, staphylococcus aureus, pneumococcus, haemophylus influenza, escherecia coli, streptococcus anhaemolyticus, proteus vulgaris, pseudomonas aerugenosa.
Penyebab lainnya yaitu virus. Virus dapat dijumpai tersendiri atau bersamaan dengan bakteri patogenik yang lain. Virus yang paling sering dijumpai pada anak-anak, yaitu respiratory syncytial virus (RSV), influenza virus, atau adenovirus (sebanyak 30-40%). Kira-kira 10-15% dijumpai parainfluenza virus, rhinovirus atau enterovirus. Virus akan membawa dampak buruk terhadap fungsi tuba Eustachius, menganggu fungsi imun lokal, meningkatkan adhesi bakteri, menurunkan efisiensi obat antimikroba dengan menganggu mekanisme farmakokinetiknya (Kerschner, 2007).

3.      Manifestasi klinis
·         Otitis Media Akut
Gejala otitis media dapat bervariasi menurut beratnya infeksi dan bisa sangat ringan dan sementara atau sangat berat. Keadaan ini biasanya unilateral pada orang dewasa.
· Membrane tymphani merah, sering menggelembung tanpa tonjolan tulang yang dapat dilihat, tidak bergerak pada otoskopi pneumatic ( pemberian tekanan positif atau negative pada telinga tengah dengan insulator balon yang dikaitkan ke otoskop ), dapat mengalami perforasi.
· Otorrhea, bila terjadi rupture membrane tymphani
· Keluhan nyeri telinga ( otalgia )
· Demam
· Anoreksia
· Limfadenopati servikal anterior
·         Otitis Media Serosa
Pasien mungkin mengeluh kehilangan pendengaran, rasa penuh atau gatal dalam telinga atau perasaan bendungan, atau bahkan suara letup atau berderik, yang terjadi ketika tuba eustachii berusaha membuka. Membrane tymphani tampak kusam (warna kuning redup sampai abu-abu pada otoskopi pneumatik, dan dapat terlihat gelembung udara dalam telinga tengah. Audiogram biasanya menunjukkan adanya kehilangan pendengaran konduktif.
·         Otitis Media Kronik
Gejala dapat minimal, dengan berbagai derajat kehilangan pendengaran dan terdapat otorrhea intermitten atau persisten yang berbau busuk. Biasanya tidak ada nyeri kecuali pada kasus mastoiditis akut, dimana daerah post aurikuler menjadi nyeri tekan dan bahkan merah dan edema. Kolesteatoma, sendiri biasanya tidak menyebabkan nyeri. Evaluasi otoskopik membrane timpani memperlihatkan adanya perforasi, dan kolesteatoma dapat terlihat sebagai masa putih di belakang membrane timpani atau keluar ke kanalis eksterna melalui lubang perforasi. Kolesteatoma dapat juga tidak terlihat pada pemeriksaan oleh ahli otoskopi. Hasil audiometric pada kasus kolesteatoma sering memperlihatkan kehilangan pendengaran konduktif atau campuran.

4.      Pemeriksaan penunjang dan diagnostic
                        Pemeriksaan diagnosis :
·         Otoscope untuk melakukan auskultasi pada bagian telinga luar
·         Timpanogram untuk mengukur keseuaian dan kekakuan membrane timpani
·         Kultur dan uji sensitifitas ; dilakukan bila dilakukan timpanosentesis (Aspirasi jarum dari telinga tengah melalui membrane timpani).

5.      Penatalaksanaan medis dan keperawatan      
·         Penatalaksanaan medis
Hasil penatalaksanaan otitis media bergantung pada efektifitas terapi ( e.g : dosis antibiotika oral yang diresepkan dan durasi terapi ), virulensi bakteri, dan status fisik klien
Antibiotik dapat digunakan untuk otitis media akut. Pilihan pertama adalah Amoksisilin; pilihan kedua – digunakan bila diperkirakan organismenya resisten terhadap amoksisilin – adalah amoksisilin dengan klavulanat (Augmentin ; sefalosporin generasi kedua), atau trimetoprin sulfametoksazol. Pada klien yang alergi penisilin, dapat diberikan eritronmisin dan sulfonamide atau trimetoprim – sulfa.
Untuk otitis media serosa ( otitis media dengan efusi ), terapi yang umum dilakukan adalah menunggu. Keadaan ini umumnya sembuh sendiri dalam 2 bulan.
Untuk otitis media serosa yang persisten, dianjurkan untuk melakukan miringotomi. Miringotomi adalah prosedur bedah dengan memasukkan selang penyeimbang tekanan ke dalam membrane timpani. Hal ini memungkinkan ventilasi dari telinga tengah, mengurangi tekanan negative dan memungkinkan drainase cairan.
·         Penatalaksanaan Keperawatan
1.      Mengkompres hangat
2.      Mengkaji nyeri
3.      Mengurangi kegaduhan pada lingkungan klien
4.      Memberikan informasi segala yang terkait dengan penyakit otitis media
5.      Instruksikan kepada keluarga tentang komnikasi yang efektif
6.      Komplikasi
Sebelum ada antibiotika, otitis media akut dapat menimbulkan komplikasi, yaitu abses subperiosteal sampai komplikasi yang berat (meningtis dan abses otak). Sekarang setelah ada antibiotika, semua jenis komplikasi itu biasanya didapatkan sebagian komplikasi dari OMSK.

7.      WOC (terlampir)

C.    LANDASAN TEORITIS ASUHAN KEPERAWATAN

1.      Pengkajian
a.       Identitas pasien
Nama                                 :
Umur                                 :
Jenis Kelamin                    :
No.RM                              :
Tgl. Masuk RS                  :
b.      Riwayat Kesehatan
·      Keluhan utama
Biasanya klien merasa Sakit telinga/nyeri pada telinga, Penurunan/tak ada ketajaman pendengaran pada satu atau kedua telinga,Perasaan penuh pada telinga, Suara bergema dari suara sendiri
Bunyi “letupan” sewaktu menguap atau menelan dan  Cairan telinga; hitam, kemerahan, jernih, kuning
·      Riwayat kesehatan dahulu
Biasanya klien memiliki riwayat infeksi saluran pernafasan atas, infeksi telinga, alergi
·      Riwayat kesehatan sekarang   
Biasanya klien merasakan :
a.         Sakit telinga/nyeri
b.        Penurunan/tak ada ketajaman pendengaran pada satu atau kedua telinga
c.         Tinitus
d.        Perasaan penuh pada telinga
e.         Suara bergema dari suara sendiri
f.         Bunyi “letupan” sewaktu menguap atau menelan
g.        Vertigo, pusing, gatal pada telinga
h.        Tanda-tanda vital (suhu bisa sampai 40o C), demam
i.          Tipe warna 2 jumlah cairan
j.          Cairan telinga; hitam, kemerahan, jernih, kuning
·      Riwayat kesehatan keluarga
Apakah ada keluarga yang menderita penyakit ini sebelumnya.
c.       Pemeriksaan Fisik
1. Keadaan umum
 2.Pemeriksaan Head to toe
a. Kulit, rambut, dan kuku
1)Inspeksi warna kulit, jaringan parut, lesi dan vaskularisasi
2)Inspeksi dan palpasi kuku tentang warna, bentuk, dan catat adanya abnormalitas
3)Palasi kulit untuk mengetahui suhu, turgor, tekstur (halus/kasar)edema, dan massa
b. Kepala:
1)Inspeksi kesimetrisan muka, tengkorak, kulit kepala (lesi, massa)
2)Palpasi dengan cara merotasi dengan lembut ujung jari ke bawah dari tengah garis kepala ke samping. Untuk mengetahui adanya bentuk kepala, pembengkakan, massa, dan nyeri tekan, kekuatan akar rambut.
c.Mata
1)Inspeksi kelopak mata, perhatikan bentuk dan kesimetrisannya
2)Inspeksi daerah orbital adanya edema, kemerahan, atau jaringan lunak dibawah bidang orbital.
3)Inspeksi konjungtiva dan sklera dengan menarik/ membuka kelopak mata. Perhatikan warna, edema, dan lesi.
4)Inspeksi kornea (kejernihan dan tekstur kornea) dengan berdiri disamping klien dengan menggunakan sinar cahaya tidak langsung.
d.Hidung
1)Inspeksi hidung eksterna dengan melihat bentuk, kesimetrisan, adanya deformitas atau lesi, dan cairan yang keluar.
2)Palpasi lembut batang dan jaringan lunak hudung adanya nyeri, massa dan nyeri, massa dan penyipangan bentuk, serta palpasi sinus-sinus hidung.
3)Periksa patensi neres dengan meletakkan jari di depan lubang hidung dan minta pasien bernapas melalui hidung. Bandingkan antara neres kanan dan kiri, kaji kemampuan pasien membau (nervus olfaktorius).
4)Masukkan spekulum hidung dengan minta pasien mengangkat kepala kebelakang. Dengan bantuan penlight amati warna, lesi, cairan, massa, dan pembengkakan.
e.Telinga
1)Inspeksi kesimetrisan dan letak telinga
2)Inspeksi telinga luar, ukuran, bentuk, warna, dan adanya lesi.
3)Palpasi kartilago telinga untuk mengetahui jaringan lunak. Tekan tragus kedalam dan tulang telinga ke bawah daun telinga (bila peradangan akan nyeri).
4)Palpasi tulang telinga (prosesus mastoideus)
f.Mulut dan faring
1) Inspeksi warna dan mukosa bibir, lesi, dan kelainan koninetal
2) Melakukan pemeriksaan pembedaan rasa pada ujung lidah (nervus)
3)Menguji sensasi faring (berkata ”ah”). (nervus vagus).
g.Leher
1)Inspeksi bentuk leher, kesimetrisan, warna kulit, adanya pembengkakakn, jaringan parut atau massa (muskulus sternokleidomastoideus)
2)Inspeksi gerakan leher ke kanan dan ke kiri (nervus aksesorius)
3)Inspeksi kelenjar tiroid dengan minta pasien menelan dan amati gerakan kelenjar tiroid pada takik suprasternal (normalnya tidak dapat dilihat)
4)Palpasi kelenjar limfe/kelenjar getah bening
5)Palpasi kelenjar tiroid
h.Thorak
1)Inspeksi kelainan bentuk thorak (barrel chest, pigeon chest, funnel chest).
2)Palpasi adanya krepitus pada kosta
3)Khusus pasien wanita dilakukan pemeriksaan inspeksi payudara: bentuk, ukuran.
i.Paru
1)Inspeksi kesimetrisan paru
2)Palpasi (taktil fremitus) dengan meminta pasien menebutkan angka atau huruf yang bergetar (contoh 777). Bandingkan paru kanan dan kiri.
3)Perkusi dari puncak paru ke bawah (supraskapularis/3-4 jari dari pundak sampai dengan torakal 10). Catat suara perkusi: sonor/hipersonor/redup.
4)Auskultasi bunyi paru saat inspirasi dan akspirasi (vesikuler, bronhovesikuler, bronchial, tracheal; suara abnormal: whezzing, ronchi, krekles.
j.Jantung dan pembuluh darah
1)Inspeksi titik impuls maksimal, denyutan apical.
2)Palpasi area aorta pada interkosta ke-2 kanan, pulmonal pada interkosta ke-2 kiri, dan pindah jari-jari ke interkosta 3, dan 4 kiri daerah trikuspidalis, dan mitral pada interkosta 5 kiri.
3)Perkusi untuk mengetahui batas jantung (atas-bawah, kanan-kiri).
4)Auskultasi bunyi jantung I dan II pada 4 titik (tiap katup jantung), dan adanya bunyi jantung tambahan.
5)Periksa vaskularisasi perifer dengan meraba kekuatan denyut nadi.
k.Abdomen
1)Inspeksi dari depan dan samping pasien (adanya pembesaran, datar, cekung, kebersihan umbilikus)
2)Auskultasi 4 kuadran (peristaltik usus diukur dalam 1 menit, bising usus)
3)Palpasi: epigastrium, lien, hepar, ginjal, dan suprapubik.
4)Perkusi: 4 kuadran (timpani, hipertimpani, pekak)
5)Melakukan pemeriksaan turgor kulit abdomen
l.Genitourinari
1)Inspeksi anus (kebersihan, lesi,massa,perdarahan) dan lakukan tindakan rectal touche (khusus laki-laki untuk mengetahui pembesaran prostat).
2)Inspeksi alat kelamin/genitalia wanita: kebersihan, lesi,massa, keputihan, perdarahan, ciran, bau, pertumbuhan rambut.
      m.Ekstremitas
      1)Inspeksi ekstremitas atas dan bawah: kesimetrisan, lesi, massa
2)Palpasi: tonus otot, kekuatan otot
3)Kaji sirkulasi: akral hangat/dingin, warna, capillary reffil time, danedema
4)Kaji kemampuan pergerakan sendi
3. Pemeriksaan Telinga
Telinga luar diperiksa dengan inspeksi dan palpasi lang-sung sementara membrana timpani diinspeksi, seperti telinga tengah dengan otoskop dan palpasi tak langsung dengan menggunakan otoskop pneumatic.
1)      Pengkajian Fisik.
Inspeksi telinga luar merupakan prosedur yang paling sederhana tapi sering terlewat. Aurikulus dan jaringan sekitarnya diinspeksi adanya:
·         deformitas, lesi,
·         cairan begitu pula ukuran,
·         simetris dan sudut penempelan ke kepala.
Gerakan aurikulus normalnya tak menimbulkan nyeri. Bila manuver ini terasa nyeri, harus dicurigai adanya otitis eksterna akut.Nyeri tekan pada saat palpasi di daerah mastoid dapat menunjukkan mastoiditis akut atau inflamasi nodus aurikula posterior. Terkadang, kista sebaseus dan tofus (de-posit mineral subkutan) terdapat pada pinna. Kulit bersisik pada atau di belakang aurikulus biasanya menunjukkan adanya dermatitis sebore dan dapat terdapat pula di kulit kepala dan struktur wajah.
Untuk memeriksa kanalis auditorius eksternus dan membrana timpani, kepala pasien sedikit dijauhkan dari pemeriksa.
·         Otoskop dipegang dengan satu tangan sementara aurikulus dipegang dengan tangan lainnya dengan mantap dan ditarik ke atas, ke belakang dan sedikit ke luar Cara ini akan membuat lurus kanal pada orang dewasa, sehingga memungkinkan pemeriksa melihat lebih jelas membrana timpani.
·         Spekulum dimasukkan dengan lembut dan perlahan ke kanalis telinga, dan mata didekatkan ke lensa pembesar otoskop untuk melihat kanalis dan membrana timpani. Spekulum terbesar yang dapat dimasukkan ke telinga (biasanya 5 mm pada orang dewasa) dipandu dengan lembut ke bawah ke kanal dan agak ke depan. Karena bagian distal kanalis adalah tulang dan ditutupi selapis epitel yang sensitif, maka tekanan harus benar-benar ringan agar tidak menimbulkan nyeri.

GAMBAR.Teknik untuk menggunakan otoskop.
·         Setiap adanya cairan, inflamasi, atau benda asing; dalam kanalis auditorius eksternus dicatat.
·         Membrana, timpani sehat berwarna mutiara keabuan pada dasar kanalis. Penanda harus dttihat mungkin pars tensa dan kerucut cahaya.umbo, manubrium mallei, dan prosesus brevis.
·         Gerakan memutar lambat spekulum memungkinkan penglihat lebih jauh pada Hpatan malleus dan daerah perifer. dan warna membran begitu juga tanda yang tak biasa at! deviasi kerucut cahaya dicatat. Adanya cairan, gele bung udara, atau masa di telinga tengah harus dicatat.
·         Pemeriksaan otoskop kanalis auditorius eksternus membrana timpani yang baik hanya dapat dilakukan bi kanalis tidak terisi serumen yang besar. Serumen not nya terdapat di kanalis eksternus, dan bila jumla sedikit tidak akan mengganggu pemeriksaan otoskop.
·         Bila serumen sangat lengket maka sedikit minyak mineral atau pelunak serumen dapat diteteskan dalam kanalis telinga dan pasien diinstruksikan kembali lagi.
2)      Ketajaman Auditorius.
·         Perkiraan umum pendengaran pasien dapat disaring secara efektif dengan mengkaji kemampuan pasien mendengarkan bisikan kata atau detakan jam tangan.
·         Bisikan lembut dilakukan oleh pemeriksa, yang sebelumnya telah melakukan ekshalasi penuh. Masing-masing telinga diperiksa bergantian. Agar telinga yang satunya tak mendengar,
·         Pemeriksa menutup telinga yang tak diperiksa dengan telapak tangan. Dari jarak 1 sampai 2 kaki dari telinga yang tak tertutup dan di luar batas penglihatan, pasien dengan ketajaman normal dapat menirukan dengan tepat apa yang dibisikkan. Bila yang digunakan detak jam tangan, pemeriksa memegang jam tangan sejauh 3 inci dari telinganya sendiri (dengan asumsi pemeriksa mempunyai pendengaran normal) dan kemudian memegang jam tangan pada jarak yang sama dari aurikulus pasien. Karena jam tangan menghasilkan suara dengan nada yang lebih tinggi daripada suara bisikan, maka kurang dapat dipercaya dan tidak dapat dipakai sebagai satu-satunya cara mengkaji ketajaman auditorius.
3)      Penggunaan uji Weber dan Rinne
Memungkinkan kita membedakan kehilangan akibat konduktif dengan kehi-langan sensorineural
·         Uji Weber
Memanfaatkan konduksi tulang untuk menguji adanya lateralisasi suara.Sebuah garpu tala dipegang erat pada gagangnya dan pukulkan pada lutut atau pergelangan tangan pemeriksa.Kemudian diletakkan pada dahi atau gigi pasien.Pasien ditanya apakah suara terdengar di tengah kepala, di telinga kanan atau telinga kiri. Individu dengan pendengaran normal akan mendengar suara seimbang pada kedua telinga atau menjelaskan bahwa suara terpusat di tengah kepala. Bila ada kehilang¬an pendengaran konduktif (otosklerosis, otitis media), suara akan lebih jelas terdengar pada sisi yang sakit. Ini disebabkan karena obstruksi akan menghambat ruang suara, sehingga akan terjadi peningkatan konduksi tulang. Bila terjadi kehilangan sensorineural, suara akan meng-alami lateralisasi ke telinga yang pendengarannya lebih baik. Uji Weber berguna untuk kasus kehilangan pendengaran unilateral.
·         Uji Rinne
Gagang garpu tala yang bergetar ditempatkan di belakang aurikula pada tulang mastoid (kon¬duksi tulang) sampai pasien tak mampu lagi mendengar suara.Kemudian garpu tala dipindahkan pada jarak 1 inci dari meatus kanalis auditorius eksternus (konduksi uda-ra).Pada keadaan normal pasien dapat terus mendengar¬kan suara, menunjukkan bahwa konduksi udara berlang-sung lebih lama dari konduksi tulang. Pada kehilangan pendengaran konduktif, konduksi tulang akan melebihi konduksi udara begitu konduksi tulang melalui tulang temporal telah menghilang, pasien sudah tak mampu lagi mendengar garpu tala melalui mekanisme konduktif yang biasa. Sebaliknya kehilangan pendengaran sensorineural memungkinkan suara yang dihantarkan melalui udara lebih baik dari tulang, meskipun keduanya merupakan konduktor, yang buruk dan segala suara diterima seperti sangat jauh dan lemah.
4.      Prosedur Diagnostik Auditorius dan Vestibuler
Dalam mendeteksi kehilangan pendengaran, audiometer adalah satu-satunya instrumen diagnostik yang paling penting.
Uji audiometri ada dua macam:
1)   audiometri nada-murni, di mana stimulus suara terdiri atas nada murni atau musik (semakin keras nada sebelum pasien bisa mendengar berarti semakin besar kehilangan pende¬ngarannya), dan
2)   audiometri wicara, di mana kata yang diucapkan digunakan untuk menentukan kemampuan mendengar dan membedakan suara.
Ahli audiologi melakukan uji dan pasien mengenakan earphone dan sinyal mengenai nada yang didengarkan.Ketika nada dipakai secara langsung pada meatus kanalis auditorius eksiernus, kita mengukur konduksi udara.Bila stimulus diberikan pada tulang mastoid, melintas mekanisme konduksi (osikulus), langsung menguji konduksi saraf.Agar hasilnya akurat, evaluasi audiometri dilakukan di ruangan yang kedap suara.Respons yang dihasil-kan diplot pada grafik yang dinamakan audiogram.
Frekwensi
Merujuk pada jumlah gelombang suara yang dihasilkan oleh sumber bunyi per detik siklus perdetik atau hertz (Hz). Telinga manusia normal mampu mendengar suara dengan kisaran frekwensi dari: 20 sampai 20.000Hz. 500 sampai 2000 Hz yang paling penting untuk memahami percakapan sehari-hari (yang dikenal sebagai kisaran wicara.Nada adalah istilah untuk menggambarkan frekwensi; nada dengan frekwensi 100 Hz dianggap sebagai nada rendah, dan nada 10.000 Hz dianggap sebagai nada tinggi.Unit untuk mengukur kerasnya bunyi (intensitas suara) adalah desibel (dB), tekanan yang ditimbulkan oleh rsuara.Kehilangan pendengaran diukur dalam decibel, yang merupakan fungsi logaritma intensitas dan tidak bisa dengan mudah dikonversikan ke persentase.
Ambang kritis kekerasan adalah sekitas 30 dB.Beberapa contoh internsitas suara yang biasa termasuk gesekan kertas dalam lingkungan yang sunyi, terjadi pada sekitar 15 dB; per kapan rendah, 40 dB; dan kapal terbang jet sejauh kaki, tercatat sekitar 150 dB.Suara yang lebih keras i 80 dB didengar telinga manusia sangat keras.Suara yang terdengar tidak nyaman dapat merusak telinga dalam.
Timpanogram atau audiometri impedans, mengrefleks otot telinga tengah terhadap stimulus suara, kelenturan membrana timpani, dengan mengubah teh udara dalam kanalis telinga yang tertutup (Gbr. Kelenturan akan berkurang pada penyakit telinga tertutup)
Respons batang otak auditori (ABR, auditori brain sistem response) adalah potensial elektris yang dapat terteksi dari narvus kranialis VIII (narvus akustikus) alur auditori asendens batang otak sebagai respons stimulasi suara. Merupakan metoda objektif untuk mengukur pendengaran karena partisipasi aktif pasien sama sekali dak diperlukan seperti pada audiogram perilaku. Elektroda ditempatkan pada dahi pasien dan stimuli akustik, biasanya dalam bentuk detak, diperdengarkan ke telinga.pengukuran elektrofisiologis yang dihasilkan dapat di tentukan tingkat desibel berapa yang dapat didengarkan pasien dan apakah ada kelainan sepanjang alur syaraf, seperti tumor pada nervus kranialis VIII.
Elektrokokleografi (ECoG) adalah perekaman potensial elektrofisologis koklea dan nervus kranialis VIII bagai respons stimuli akustik.Rasio yang dihasilkan digunakan untuk membantu dalam mendiagnosa kelainan keseimbangan cairan telinga dalam seperti penyakit Mniere dan fistula perilimfe.Prosedur ini dilakukan dengan menempatkan elektroda sedekat mungkin dengan koklea, baik di kanalis auditorius eksternus tepat di dekat membrana timpani atau melalui elektroda transtimpanik yang diletakkan melalui mambrana timpani dekat mem-bran jendela bulat. Untuk persiapan pengujian, pasien diminta unluk tidak memakai diuretika selama 48 jam sebelum uji dilakukan sehingga keseimbangan cairan di dalam telinga tidak berubah.
Elektronistagmografi (ENG) adalah pengukuran dan grafik yang mencatat perubahan potensial elektris yang ditimbulkan oleh gerakan mata selama nistagmus yang ditimbulkan secara spontan, posisional atau kaloris.Digunakan untuk mengkaji sistem okulomotor dan vestibular dan interaksi yang terjadi antara keduanya.Misalnya, pada bagian kalori uji ini, udara atau air panas dan dingin (uji kalori bitermal) dimasukkan ke kanalis auditorius eksternus, dan kemudian gerakan mata diukur. Pasien diposisikan sedemikian rupa sehingga kanalis semisirkularis lateralis paralel dengan medan gravitasi dan duduk sementara elektroda dipasang pada dahi dan dekat mata. Pasien diminta tidak meminum supresan vestibuler seperti sedativa, penenang, antihistarnin, atau alkohol, begitu pula stimulan vestibuler seperti kafein, selama 24 jam sebelum pengujian. ENG dapat membantu diagnosis kondisi seperti penyakit Meniere dan tumor kanalis auditorius internus atau fosa posterior.
Posturografi platform adalah uji untuk menyelidiki kemampuan mengontrol postural.Diuji integrasi antara bagian visual, vestibuler dan proprioseptif (integrasi sensoris) dengan keluaran respons motoris dan koordinasi anggota bawah.Pasien berdiri pada panggung (platform), dikelilingi layar, dan berbagai kondisi ditampilkan, seperti panggung bergerak dengan layar bergerak.
Ambang penerimaan wicara adalah tingkat intensitas suara di mana pasien mampu tepat membedakan dengan benar stimuli wicara sederhana.Pembedaan wicara menentukan kemampuan pasien untuk membedakan suara yang berbeda, dalam bentuk kata, dalam tingkat desibel dimana suara masih terdengar.Pasien terhadap enam kondisi yang berbeda diukur dan menunjukkan sistem mana yang terganggu. Persiapan uji ini sama dengan pada ENG.
Percepatan harmon sinusoidal (SHA, sinusoidal harmonic acceleration), atau kursi berputar, mengkaji sisiem vestibulookuler dengan menganalisis gerakan mata kopensatoris sebagai respons putaran searah atau berlawaan arah dengan jarum jam. Meskipun uji SHA tak dapat mengidentifikasi sisi dari lesi pada penyakit unilateral, namun sangat berguna untuk mengidentifikasi adanya penyakit dan mengontrol proses penyembuhanya, persiapan pasien sama dengan yang diperlukan pada ENG.

d.      Pengkajian 11 fungsional Gordon
1.      Pola persepsi dan manajemn kesehatan
Biasanya klien yang mengalami penyakit otitis media ini tidak mempedulikan sebuah gejala kecil yang ditimbulkan, misalnya nyeri pada telinga sehingga ini menyebabkan penanganan kesehatan tidak secepatnya dilakukan. Klien akan segera berobat ke pelayanan kesehatan jika sudah mencapai stadium lanjut seperti keluarnya cairan dari telinga dan nyeri yang dirasakan secara terus-menerus.
2.      Pola nutrisi – metabolik         
Biasanya pada sebagian klien otitis media mengalami anoreksia, mual dan muntah.
3.      Pola eliminasi
Biasanya klien dengan Otitis media tidak mengalami masalah terhadap pola eliminasai Namun, pengeluaran secret atau cairan yang keluar dari telinga harus diperhatikan banyaknya dan warna cairan.
4.       Pola aktivitas – latihan
Biasanya klien dengan otitis media mengalami gangguan dalam beraktifitas karena nyeri yang dirasakan.
5.      Pola istirahat dan tidur
Biasanya klien merasa istirahat dan tidurnya terganggu akibat nyeri yang dirsakan.
6.      Pola kognitif – perseptual
Biasanya klien mengalami penurunan pendengaran  karena masuknya bakteri patogenik ke dalam telinga tengah yang normalnya adalah steril dan  tidak berpengaruh terhadap penglihatannya.
7.      Pola persepsi-konsep diri
Biasanya klien dengan otitis media akan menjauhi lingkungan sekitarnya karena memikirkan penyakitnya, merasa cemas, malu, depresi ataupun takut akan menularkan penyakitnya kepada orang lain.
8.      Pola hubungan-peran
Biasanya klien akan merasa harga diri rendah, minder, dan menjauh dari lingkungan karena malu akibat bau busuk pada cairan yang keluar dari telinganya. Keluarga berperan  membantu klien dalam pemenuhan kebutuhannya, memotivasi klien dan juga membantu aktivitas sosial antara klien dengan keluarga dan lingkungan sekitar.
9.      Pola seksual – reproduksi
Biasanya klien mengalami gangguan dalam pola seksualitas karena merasa malu dan rendah diri terhadap penyakitnya.
10.  Pola koping dan toleransi stress
Biasanya klien dengan otitis media mengalam cemas dan takut terhadap penyakitnya.
11.  Pola nilai dan keyakinan
Biasanya klien tidak mengalami gangguan dalam menjalani ibadahnya dan semakin mendekatkan diri pada Tuhan untuk kesembuhan penyakitnya.

2.      Perumusan diagnosa (NANDA), Penentuan Kriteria hasil (NOC), Perumusan Intervensi Keperawatan (NIC)


No
NANDA
NOC
NIC
1
Nyeri akut b.d stimulus nyeri
Defenisi :
Sensori yang tidak menyenangkan dan pengalaman emosional yang muncul secara aktual atau potensial, kerusakan jarigan atau menggambarkan adana kerusakan


KONTROL NYERI
Tindakan yang dilakukan seseorang untuk mengontrol nyeri
Indikator :
·         mengenali faktor penyebab
·         menggunakan metode pencegahan
·         mengguanakan metode nonanalgetik untuk mengurangi nyeri
·         menggunakan analgesik sesuai kebutuhan
·         mengenali gejala-gejala nyeri
·         mencatat pengalaman nyeri sebelumnya
·         menyatakan nyeri sudah terkontrol
TINGKAT NYERI
hasil observasi atau laporan tentang tingkat nyeri
Indikator :
·         melaporkan adanya nyeri
·         luas bagian tubuh yang terpengaruh
·         frekuensi nyeri berkurang
·         pernyataan nyeri tidak ada
·         ekspresi nyeri pada wajah tidak ada
·         tekanan darah normal
keteganggan otot normal.

TINGKAT KENYAMANAN
Definisi : Tingkatan dari ketentraman fisik dan psikologis
Indicator :
·         Mampu melaporkan perkembangan fisik
·         Mampu melaporkan perkembangan kepuasan
·         Mampu melaporkan perkembangan psikologi
·         Mampu mengekspresikan perasaan dengan lingkungan fisik sekitar
·         Mampu mengekspresikan perasaan dengan hubungan social
·         Mampu mengekspresikan perasaan secara spiritual
·         Mampu melaporkan kepuasan dengan tingkatan mandiri
·         Mampu mengekspresikan kepuasan dengan kontrol nyeri


MANAJEMEN NYERI
·     lakukan pengkajian nyeri secara komprehensif termasuk lokasi, karakteristik, durasi, frekuensi, kualitas dan faktor presipitasi
·     observasi reaksi non verbal dari ketidaknyamanan
·     gunakan teknik komunikasi terapeutik untuk mengetahui pengalaman nyeri pasien
·     kaji kultur yang mempengaruhi respon nyeri
·     evaluasi pengalaman nyeri masa lampau
·     evaluasi bersama pasien dan tim kesehatan lain tentang ketidakefektifan kontrol nyeri masa lampau
·     bantu pasien dan keluarga untuk mencari dan menemukan dukungan
·     kontrol lingkungan yang dapat mempengaruhi nyeri seperti suhu ruangan, pencahayaan dan kebisingan
·     kurangi faktor presipitasi
·     pilih dan lakukan penanganan nyeri (farmakologi, non farmakologi dan inter personal)
·     kaji tipe dan sumber nyeri untuk menentukan intervensi
·     ajarkan tentang teknik non farmakologi
·     berikan analgetik untuk mengurangi nyeri
·     evaluasi keefektifan kontrol nyeri
·     tingkatkan istirahat
MANAJEMEN LINGKUNGAN : KENYAMANAN
Aktifitas :
·     Tentukanpasien dantujuankeluargauntuk pengelolaanlingkungan dankenyamanan optimal.
·     Memberikanperhatian yang cepatuntuk memanggilloncengyangharus selalu dalamjangkauan.
·     Ciptakan lingkungan yangtenangdan mendukung.
·     Sediakan lingkungan yang amandan bersih
·     Sesuaikansuhu kamardengan yangpaling nyamanbagi individu,jika mungkin
·     Sesuaikanpencahayaanuntuk memenuhi kebutuhakegiataninvidual, menghindari cahaya langsungdi mata
·     Memfasilitasitindakan kebersihanuntuk menjagaindividunyaman (menyeka alis, menerapkan krim kulit, atau membersihkan tubuh, rambut, dan rongga mulut)
·     Posisipasienuntuk memfasilitasikenyamanan (misalnya, dengan menggunakan prinsip-prinsipkesejajaran tubuh, dukungan dengan bantal, sendi dukungan
ADMINISTRASI ANALGESIK
Defenisi: menggunakan agen farmakologi untuk mengurangi nyeri
Aktifitas:
·         Menentukan lokasi, karakteristik, mutu, dan intensitas nyeri sebelum mengobati pasien
·         Periksa order/pesanan medis untuk obat, dosis, dan frekuensi yang ditentukan analgesic
·         Cek riwayat alergi obat
·         Tentukan analgesic yang cocok, rute pemberian dan dosis optimal.
·         Utamakan pemberian secara IV dibanding IM sebagai lokasi penyuntikan, jika mungkin
·         Monitor TTV sebelum dan sesudah pemberian obat narkotik dengan dosis pertama atau jika ada catatan luar biasa.
·         Cek pemberian analgesic selama 24 jam untuk mencegah terjadinya puncak nyeri tanpa rasa sakit, terutama dengan nyeri yang menjengkelkan
·         Mengevaluasi efektivitas analgesic pada interval tertentu, terutama setelah dosis awal, pengamatan juga diakukan melihat adanya tanda dan gejala buruk atau tidak menguntungkan (berhubungan dengan pernapasan, depresi, mual muntah, mulut kering dan konstipasi)
·         Dokumentasikan respon pasien tentang analgesic, catat efek yang merugikan
2
Ggn persepsi sensori pendengaran

Batasan karakteristik:
  Berubahnya pola prilaku
  Berubahnya ketajaman panca indra
  Gagal penyesuaian
  Distorsi pancaindera
  Pengintegrasian pancaindera yang terganggu
  Pancaindera yang terganggu

a.   Kontrol cemas
Indikator :
Pantau intensitas kecemasan
Menyingkirkan tanda kecemasan
Mencari informasi untuk menurunkan cemas
Mempertahankan konsentrasi
Laporankan durasi dari episode cemas

b.   Kompensasi Tingkah Laku Pendengaran
Indicator:
·      Pantau gejala kerusakan pendengaran
·      Posisi tubuh untuk  menguntungkan pendengaran
·      Menghilangkan gangguan
·      Memperoleh alat bantu pendengaran
·      Menggunakan layananan pendukung untuk pendegaran yang lemah
·      Memperoleh intervensi yang berhubungan dengan pembedahan



a.      Peningkatan komunikasi : deficit pendengaran
Aktivitas:
·   Janjikan untuk mempermudah pemeriksaan pendengaran sebagaimana mestinya
·   Beritahu pasien bahwa suara akan terdengar berbeda dengan memakai alat bantu
·   Jaga kebersihan alat bantu
·   Mendengar dengan penuh perhatian
·   Menahan diri dari berteriak pada pasien yang mengalami gangguan komunikasi
·   Dapatkan perhatian pasien melalui sentuhan

b.      Dukungan emosi
Aktivitas:
·   Berdiskusi dengan pasien tentang emosi yang dirasakan
·   Bantu pasien dalam mengenali perasaan seperti cemas, marah, atau sedih
·   Dorong pasien untuk mengunkapkan perasaan cemas, marah, atau sedih
·   Perhatikan pengungkapan perasaan dan keyakinan
·   Sediakan identifikasi pasien terhadap pola tanggapan yang umum terhadap ketakutan
·   Beri dukungan selama fase penolakan, marah, tawar menawar, dan fase penerimaan terhadap duka cita
·   Sediakan bantuan dalam membuat keputusan
·   Rujuk ke konselor sebagaimana mestinya

c.       Pencegahan jatuh
Aktivitas:
·   Identifikasi kelemahan kognisi dan fisik pada pasien yang barangkali meningkatkan potensi untuk jatuh pada lingkungan tertentu
·   Identifikasi karakteristik lingkungan yang mungkin meningkatkan potensi untuk jatuh (misal ,lantai licin dan jenjang yang terbuka)
·   Sediakan alat bantu (misal, tongkat dan alat bantu berjalan) untuk gaya berjalan yang kokoh
·   Pelihara alat bantu supaya berfungsi dengan baik
Ajarkan pasien bagaimana cara jatuh untuk meminimalkan cedera
3
Ansietas
Batasan karakteristik:
Scaning dan kewaspadaan
Kontak mata yang buruk
Ketidakberdayaan meningkat
Kerusakan perhatian

a.   Kontrol cemas
Indikator :
Pantau intensitas kecemasan
Menyingkirkan tanda kecemasan
Mencari informasi untuk menurunkan cemas
Mempertahankan konsentrasi
Laporankan durasi dari episode cemas

b.   Koping
Indikator:
Memanajemen masalah
Melibatkan anggota keluarga dalam membuat keputusan
Mengekspresikan perasaan dan kebebasan emosional
Menunjukkan strategi penurunan stress
Menggunakan support sosial
Penurunan kecemasan
   Aktivitas:
Tenangkan klien
Jelaskan seluruh posedur tindakan kepada klien dan perasaan yang mungkin muncul pada saat melakukan tindakan
Berikan informasi diagnosa, prognosis, dan tindakan
Berusaha memahami keadaan klien
Kaji tingkat kecemasan dan reaksi fisik pada tingkat kecemasan
Gunakan pendekatan dan sentuhan, untuk meyakinkan pasien tidak sendiri.
Sediakan aktivitas untuk menurunkan ketegangan
Bantu pasien untuk identifikasi situasi yang mencipkatakan cemas
Instruksikan pasien untuk menggunakan teknik relaksasi

Peningkatan koping
Aktivitas:
Hargai pemahamnan pasien tentang pemahaman penyakit
Gunakan pendekatan yang tenang dan berikan jaminan
Sediakan informasi aktual tentang diagnosa, penanganan, dan prognosis
Sediakan pilihan yang realisis tentang aspek perawatan saat ini
Tentukan kemampuan klien untuk mengambil keputusan
Bantu pasien untuk mengidentifikasi strategi positif untuk mengatasi keterbatasan dan mengelola gaya hidup atau perubahan peran














BAB III
ASUHAN KEPERAWATAN PADA TN.Y DENGAN OTITIS MEDIA

Klien Tn. Y (20 th) datang ke RS dengan keluhan nyeri telinga, ketajaman pendengaran menurun sejak seminggu  terakhir. Hasil pengkajian perawat menunjukkan TD=120/80 mmHg, S= 37 C, adanya tinnitus (telinga berdenging), otalgia (nyeri telinga), otore( keluar cairan di telinga), vertigo, pusing, gatal pada telinga. Dengan otoskop tuba eustachius tampak bengkak, merah, suram.Klien punya riwayat ISPA lama.Klien merasa cemas, menarik dan malu pada lingkungan karena penyakitnya menimbulkan bau.

3.1  PENGKAJIAN
1.      Biodata
Nama               : Tn. Y
Umur               : 20 tahun
Alamat            : Jl. Alai no. 45, Padang
Pekerjaan         : Mahasiswa
Agama             : Islam
2.      Anamnesa
1) Keluhan utama
Klien mengeluh nyeri  pada telinga, sulit mendengar, dan terdengar berdenging. Klien juga merasakan pusing dan gatal pada telinga sejak seminggu terakhir.
2) Riwayat kesehatan sekarang
Klien mengeluh nyeri telinga dan ketajaman pendengaran menurun.Adanya tinnitus, otalgia pada telinga sebelah kanan sejak seminggu yang lalu.Klien mengalami otore yang menimbulkan bau busuk.Klien juga merasa pusing, vertigo, dan gatal pada telinga.Dengan otoskop tuba eustachius tampak bengkak, merah, suram pada telinga klien.
3) Riwayat kesehatan masa lalu
Klien mempunyai riwayat ISPA .
4) Riwayat kesehatan keluarga
Tidak ada anggota keluarga yang mengalami gangguan pada telinga sebelumnya.

3.2  PEMERIKSAAN FISIK
Keadaan umum     : sedang
Kesadaran             : composmentis
Tanda-tanda vital  : TD = 120/80 mmHg, S=370C, R=22 x/menit, N=92x/menit
TB                         : 168 cm
BB                         : 60 kg

1)      Kepala             : normocephal, kebersihan sedang
-       Mata           : konjungtiva anemis (-), sklera ikterik (-), pupil isokhor, RC +/+
-       Telinga        : simetris kiri kanan, lesi (+), otore (+), tinnitus (+), otalgia (+)
-       Hidung       : septum tidak ada deviasi, penyumbatan (-), perdarahan (-)
-       Mulut          : kebersihan baik, caries (-), sianosis (-)
2)      Dada
-          Paru           : simetris kiri dan kanan, tidak ada retraksi,
-          Jantung      : DBN
3)      Leher              
-          Trakea                   : tidak ada deviasi trakea
-          Kelenjar tiroid       : tidak membesar
-          Kelenjar limfonidi : tidak membesar
4)      Abdomen        : tidak ada kelainan
5)      Genitalia          : tidak ada kelainan
6)      Ekstremitas     : tidak ada kelainan

Pemeriksaan Penunjang :
-          Hasil pemeriksaan otoscope tuba eustachius tampak bengkak, merah, dan suram
-            Uji weber didapatkan suara lebih jelas terdengar di telinga sebelah kanan ( telinga yang sakit )




11 Pola Fungsional Gordon
1)      Pola Persepsi dan Penanganan Kesehatan
Klien mengeluhkan nyeri dan keluar cairan  pada telinganya sejak seminggu yang lalu. Klien selalu menggunakan cottonbath untuk membersihkan telinganya. Karena tidak ada tanda-tanda  akan sembuh, lalu  klien memerikasakan diri  ke rumah sakit.
2)      Pola Nutrisi dan Metabolik
Pola makan klien tidak terganggu yaitu 3 kali dalam sehari. Namun, porsinya lebih sedikit. Klien tidak mengalami mual dan muntah.
3)      Pola Eliminasi
BAB dan BAK klien tidak tergangu. Klien rutin BAB 1 kali dalam sehari dan klien BAK 3-4 kali dalam sehari.
4)      Pola Aktivitas dan Latihan
Klien sulit beraktivitas karena nyeri yang dirasakan.
5)      Pola Istirahat dan Tidur
Pola tidur klien terganggu karena ketidaknyamanan pada telinga akibat nyeri yang dirasakan.
6)      Pola Kognitif dan Persepsi
Klien tidak dapat berkonsentrasi dengan baik dan sistem pendengaran klien terganggu.
7)      Pola Konsep Diri
Klien merasa minder karena telinganya mengeluarkan bau yang tidak sedap dan klien merasa tidak percaya diri.
8)      Pola Hubungan dan Peran
Peran klien di lingkungan sekitar mengalami ganguan karena klien merasa malu dan harga diri rendah akibat bau dari penyakitnya.
9)      Pola Seksualitas
Klien belum menikah dan pola seksualitas klien tidak mengalami gangguan.
10)  Pola Koping dan Penanganan Stres
Klien merasa cemas dan stres karena penyakitnya sehingga klien tidak percaya diri.
11)  Pola Keyakinan
Klien rajin beribadah dan tetap melaksanakan ibadah seperti biasanya.
3.3  DIAGNOSA KEPERAWATAN ( NANDA ), KRITERIA HASIL ( NOC ), DAN INTERVENSI KEPERAWATAN ( NIC )
No
NANDA
NOC
NIC
1
Nyeri akut b.d agen cidera biologis
DO:
-          Keluar cairan dari telinga
-          Klien tampak meringis
-          TD: 120/80 mmHg
S: 370
N: 92 x/mnt
P: 22 x/mnt
DS:
-          Klien mengeluh nyeri pada telinga
-          Klien mengeluh telinganya berdenging
KONTROL NYERI
Tindakan yang dilakukan seseorang untuk mengontrol nyeri
Indikator :
·   mengenali faktor penyebab
·   menggunakan metode pencegahan
·   mengguanakan metode nonanalgetik untuk mengurangi nyeri
·   menggunakan analgesik sesuai kebutuhan
TINGKAT NYERI
hasil observasi atau laporan tentang tingkat nyeri
Indikator :
·  melaporkan adanya nyeri
·  luas bagian tubuh yang terpengaruh
·  frekuensi nyeri berkurang
·  pernyataan nyeri tidak ada
·  ekspresi nyeri pada wajah tidak ada
·  tekanan darah normal
keteganggan otot normal.

TINGKAT KENYAMANAN
Definisi : Tingkatan dari ketentraman fisik dan psikologis
Indicator :
·         Mampu melaporkan perkembangan fisik
·         Mampu melaporkan perkembangan kepuasan
·         Mampu melaporkan perkembangan psikologi
·         Mampu mengekspresikan perasaan dengan lingkungan fisik sekitar
·         Mampu mengekspresikan perasaan dengan hubungan social
·         Mampu mengekspresikan perasaan secara spiritual
·         Mampu melaporkan kepuasan dengan tingkatan mandiri
·         Mampu mengekspresikan kepuasan dengan kontrol nyeri
MANAJEMEN NYERI
·     lakukan pengkajian nyeri secara komprehensif termasuk lokasi, karakteristik, durasi, frekuensi, kualitas dan faktor presipitasi
·     observasi reaksi non verbal dari ketidaknyamanan
·     gunakan teknik komunikasi terapeutik untuk mengetahui pengalaman nyeri pasien
·     kaji kultur yang mempengaruhi respon nyeri
·     evaluasi pengalaman nyeri masa lampau
·     evaluasi bersama pasien dan tim kesehatan lain tentang ketidakefektifan kontrol nyeri masa lampau
·     bantu pasien dan keluarga untuk mencari dan menemukan dukungan
·     kontrol lingkungan yang dapat mempengaruhi nyeri seperti suhu ruangan, pencahayaan dan kebisingan
·     kurangi faktor presipitasi
·     pilih dan lakukan penanganan nyeri (farmakologi, non farmakologi dan inter personal)
·     kaji tipe dan sumber nyeri untuk menentukan intervensi
·     ajarkan tentang teknik non farmakologi
·     berikan analgetik untuk mengurangi nyeri
·     evaluasi keefektifan kontrol nyeri
·     tingkatkan  istirahat
MANAJEMEN LINGKUNGAN : KENYAMANAN
Aktifitas :
·     Tentukan pasien dan tujuan keluarga untuk pengelolaan lingkungan dan kenyamanan optimal.
·     Memberikan perhatian yang cepat untuk memanggil lonceng yang harus selalu dalam jangkauan.
·     Ciptakan lingkungan yang tenang dan mendukung.
·     Sediakan lingkungan yang aman dan bersih
·     Sesuaikan suhu kamar dengan yang paling nyaman bagi individu, jika mungkin
·     Sesuaikan pencahayaan untuk memenuhi kebutuhan kegiatan invidual, menghindari cahaya langsungdi mata
·     Memfasilitasi tindakan kebersihan untuk  menjaga individu nyaman (menyeka alis, menerapkan krim kulit, atau membersihkan tubuh, rambut, dan rongga mulut)
·     Posisipasienuntuk memfasilitasikenyamanan (misalnya, dengan menggunakan prinsip-prinsipkesejajaran tubuh, dukungan dengan bantal, sendi dukungan
ADMINISTRASI ANALGESIK
Defenisi: menggunakan agen farmakologi untuk mengurangi nyeri
Aktifitas:
·         Menentukan lokasi, karakteristik, mutu, dan intensitas nyeri sebelum mengobati pasien
·         Periksa order/pesanan medis untuk obat, dosis, dan frekuensi yang ditentukan analgesic
·         Cek riwayat alergi obat
·         Tentukan analgesic yang cocok, rute pemberian dan dosis optimal.
·         Utamakan pemberian secara IV dibanding IM sebagai lokasi penyuntikan, jika mungkin
·         Monitor TTV sebelum dan sesudah pemberian obat narkotik dengan dosis pertama atau jika ada catatan luar biasa.
·         Cek pemberian analgesic selama 24 jam untuk mencegah terjadinya puncak nyeri tanpa rasa sakit, terutama dengan nyeri yang menjengkelkan
·         Mengevaluasi efektivitas analgesic pada interval tertentu, terutama setelah dosis awal, pengamatan juga diakukan melihat adanya tanda dan gejala buruk atau tidak menguntungkan (berhubungan dengan pernapasan, depresi, mual muntah, mulut kering dan konstipasi)
·         Dokumentasikan respon pasien tentang analgesic, catat efek yang merugikan

2
Gangguan persepsi panca indera: auditorius b.d. Gangguan penghantaran bunyi pada organ pendengaran
DO:
-          Pendengaran klien terganggu
-          Keluar cairan dari telinga
-           pemeriksaan otoscope tuba eustachius tampak bengkak, merah, dan suram
-          Uji weber didapatkan suara lebih jelas terdengar di telinga sebelah kanan ( telinga yang sakit )

DS:
-          Klien merasa terganggu pendengarannya
-          Klien merasa telinganya berdenging
a.      Kompensasi Tingkah Laku Pendengaran
Indicator:
·      Pantau gejala kerusakan pendengaran
·      Posisi tubuh untuk  menguntungkan pendengaran
·      Menghilangkan gangguan
·      Memperoleh alat bantu pendengaran
·      Menggunakan layananan pendukung untuk pendegaran yang lemah
·      Memperoleh intervensi yang berhubungan dengan pembedahan



1.      Peningkatan komunikasi : deficit pendengaran
Aktivitas:
·   Janjikan untuk mempermudah pemeriksaan pendengaran sebagaimana mestinya
·   Beritahu pasien bahwa suara akan terdengar berbeda dengan memakai alat bantu
·   Jaga kebersihan alat bantu
·   Mendengar dengan penuh perhatian

2.      Dukungan emosi
Aktivitas:
·   Berdiskusi dengan pasien tentang emosi yang dirasakan
·   Bantu pasien dalam mengenali perasaan seperti cemas, marah, atau sedih
·   Dorong pasien untuk mengunkapkan perasaan cemas, marah, atau sedih
·   Perhatikan pengungkapan perasaan dan keyakinan
·   Sediakan identifikasi pasien terhadap pola tanggapan yang umum terhadap ketakutan
·   Beri dukungan selama fase penolakan, marah, tawar menawar, dan fase penerimaan terhadap duka cita

3.  Pencegahan jatuh
Aktivitas:
·   Identifikasi kelemahan kognisi dan fisik pada pasien yang barangkali meningkatkan potensi untuk jatuh pada lingkungan tertentu
·   Identifikasi karakteristik lingkungan yang mungkin meningkatkan potensi untuk jatuh (misal ,lantai licin dan jenjang yang terbuka)
·   Sediakan alat bantu (misal, tongkat dan alat bantu berjalan) untuk gaya berjalan yang kokoh
·   Pelihara alat bantu supaya berfungsi dengan baik
Ajarkan pasien bagaimana cara jatuh untuk meminimalkan cedera
3
Cemas b.d kurangnya pengetahuan tentang penyakit
DO:
-          Klien tampak cemas
-          Klien tidak percaya diri
-          Klien malu dengan lingkungan sekitar
DS:
-          Klien mengatakan tidak tau tentang penyakitnya
-          Klien mengatakan malu karna bau akibat penyakitnya

a.      Kontrol cemas
Indikator :
Pantau intensitas kecemasan
Menyingkirkan tanda kecemasan
Mencari informasi untuk menurunkan cemas
Mempertahankan konsentrasi
Laporankan durasi dari episode cemas

b.      Koping
Indikator:
Memanajemen masalah
Melibatkan anggota keluarga dalam membuat keputusan
Mengekspresikan perasaan dan kebebasan emosional
Menunjukkan strategi penurunan stress
Menggunakan support sosial
Penurunan kecemasan
   Aktivitas:
Tenangkan klien
Jelaskan seluruh posedur tindakan kepada klien dan perasaan yang mungkin muncul pada saat melakukan tindakan
Berikan informasi diagnosa, prognosis, dan tindakan
Berusaha memahami keadaan klien
Kaji tingkat kecemasan dan reaksi fisik pada tingkat kecemasan
Gunakan pendekatan dan sentuhan, untuk meyakinkan pasien tidak sendiri.
Sediakan aktivitas untuk menurunkan ketegangan
Bantu pasien untuk identifikasi situasi yang mencipkatakan cemas
Instruksikan pasien untuk menggunakan teknik relaksasi

Peningkatan koping
Aktivitas:
Hargai pemahamnan pasien tentang pemahaman penyakit
Gunakan pendekatan yang tenang dan berikan jaminan
Sediakan informasi aktual tentang diagnosa, penanganan, dan prognosis
Sediakan pilihan yang realisis tentang aspek perawatan saat ini
Tentukan kemampuan klien untuk mengambil keputusan
Bantu pasien untuk mengidentifikasi strategi positif untuk mengatasi keterbatasan dan mengelola gaya hidup atau perubahan peran



BAB IV
PEMBAHASAN

Klien Tn. Y (20 th) datang ke RS dengan keluhan nyeri  pada telinga, sulit mendengar, dan terdengar berdenging. Klien juga merasakan pusing dan gatal pada telinga sejak seminggu terakhir. Adanya tinnitus, otalgia pada telinga sebelah kanan sejak seminggu yang lalu.Klien mengalami otore yang menimbulkan bau busuk.Klien juga merasa pusing, vertigo, dan gatal pada telinga.Dengan otoskop tuba eustachius tampak bengkak, merah, suram pada telinga klien. Klien mempunyai riwayat ISPA . Tidak ada anggota keluarga yang mengalami gangguan pada telinga sebelumnya. Pada saat diperiksa keadaan umum klien: sedang, kesadaran : composmentis, tanda-tanda vital: TD = 120/80 mmHg, S=370C, R=22 x/menit, N=92x/menit, TB : 168 cm, BB : 60 kg. Pada pemeriksaan fisik klien semuanya normal kecuali pada bagian telinga.

Analisa data senjang yang didapat adalah sebagai berikut:
Teori
Fakta yang terlihat pada Tn. Y
Anoreksia


Mual dan Muntah
Demam


Tn. Y tidak mengalami anoreksia, Tn. Y tetap makan 3 kali. Mungkin pasien merasa kalau makan itu penting untuk kesehatan
Tn. Y tidak mengalami mual dan muntah
Tn. Y tidak mengalami peningkatan suhu tubuh, suhu tubuhnya 37ºC









BAB V
PENUTUP

5.1 Kesimpulan
Otitis berarti peradangan dari telinga, dan media berarti tengah. Jadi otitis media berarti peradangan dari telinga tengah. Otitis media adalah peradangan sebagian atau seluruh mukosa telinga tengah, tuba eustachius, antrum mastoid dan sel-sel mastoid. Gangguan telinga yang paling sering adalah infeksi eksterna dan media. Sering terjadi pada anak-anak dan juga pada orang dewasa (Soepardi, 1998).
Ada 3 ( tiga ) jenis otitis media yang paling umum ditemukan di klinik, yaitu :
5.      Otitis media akut
Otitis media akut (OMA) adalah peradangan akut sebagian atau seluruh periosteum telinga tengah (Kapita selekta kedokteran, 1999).
6.      Otitis media serosa
Otitis media serosa / efusi adalah keadaan terdapatnya cairan di dalam telinga tengah tanpa adanya tanda dan gejala infeksi aktif. Secara teori, cairan ini sebagai akibat tekanan negative dalam telinga tengah yang disebabkan oleh obstruksi tuba eustachii.
7.      Otitis media kronik
Otitis Media Kronik adalah peradangan kronik yang mengenai mukosa dan struktur tulang di dalam kavum timpani.Otitis Media Kronik sendiri adalah kondisi yang berhubungan dengan patologi jaringan irreversible dan biasanya disebabkan oleh episode berulang Otitis Media Akut yang tak tertangani.

5.2 Saran
            Melalui makalah ini diharapkan nantinya calon profesi perawat dapat mengkaji penyakit klien dan memberikan asuhan keperawatan yang tepat sesuai dengan indikasi keluhan klien dan dapat mempraktekkan tindakan-tindakan keperawatan yang sesuai dengan konsep yang telah teruji kebenarannya sehingga kesalahan-kesalahan yang terjadi di lapangan dapat diminimalisir dan tim perawat pun semakin diakui kelayakkannya sebagai salah satu tim pelayanan kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar